Ringkasan cerita (?)

Hasil gambar untuk tanda tanya

Ringkasan Cerita Tanda Tanya (2011)           Nama: TM Bariq Sjah       Kelas/No.Absen: 7E/37
Film ini dimulai dari latar setting suasana Masjid, Gereja, dan Kelenteng masing-masing umatnya beribadah. Diceritakan Tan Kat Sun memiliki warung makanan Canton Chineese Food tapi tetap menjual babi, makanan haram untuk umat muslim, namun dia positif dan sangat toleran terhadap agama lain salah satunya memisahkan alat masaknya untuk babi dengan daging halal lainnya (Dengan memberi tali berwarna ke alat masaknya). Dan mempekerjakan seorang muslim shalehah berjilbab Menuk dengan suami seorang saleh juga bernama Soleh namun tidak memiliki pekerjaan.
Kisah lain seorang sahabat dari Menuk, Rika (Beragama Kristen katolik) seorang janda baru pindah agama, namun dipertentangkan oleh orang sekitarnya termasuk anaknya Abi (Beragama islam)Namun Rika tetap menghormati dan mengajarkan hal-hal Islam kepada anaknya yang memilih Islam sebagai agamanya(Seperti Doa mengajarkan niat puasa).
Lain halnya permasalahan yang dihadapi Surya, teman dekat Rika pria tanggung mengakunya artis tapi lebih banyak sebagai figuran. Dan satu lagi anak dari Tan Kat Sun, Ping Hen yang sangat anti dengan muslim. Ada juga si Glenn Fredly main sebagai Doni teman gereja Rika.
Film ini berjalan seperti kisah masyarakat awan di mana, ada yang saling menghargai dan ada juga yang saling mengejek satu sama lain. Bagaimana Tan Kat Sun menghadapi anaknya (Ping Hen) yang suka menyolot, bagaimana Rika menjelaskan posisinya sebagai penganut Katholik padahal anaknya(Abi) Islam masih kecil dengan banyak tantangan, seberapa tahankah Menuk menghadapi suaminya yang tidak mempunyai kerjaan.
Bagaimana Surya seorang muslim yang dilema bagaimana menghasilkan uang dengan jalan seni peran, salah satunya tawaran menjadi Yesus dalam pementasan Drama Paskah di Gereja Rika dan Rumah Makan Tan Kat Sun sebagai penyedia konsumsinya untuk tidak menjual babi. Serta Si Soleh yang akhirnya menjadi Banser NU menjaga malam paskah di Gereja.
Cerita ini banyak pertanyaan yang mungkin tidak terjawab. Dan konflik dimana Si Soleh mengorbankan nyawanya untuk gereja dan perlawan terhadap restoran dan banyak orang yang meninggal karena perlawanan.
Film ini adalah gambaran jika Bhinneka Tunggal ika tidak dijalani dengan serius. Mereka akan menjadi terpecah belah hanya dengan kesalahan yang tidak menonjol banget.
begitu saja ringkasan saya mengenai film tersebut
wassalamualikum

Komentar

Posting Komentar