Cara menjadi penulis (Easy steps)

     Image result for writing


     Sesunguhnya banyak dari kita yang ingin menjadi penulis tetapi tidak tahu cara melakukannya atau lebih lanjut, ragu-ragu. Ini membuat banyak orang yang ingin menjadi penulis, tetapi hanya sepersen orang saja yang bisa melakukannya atau biasa dibilang berhasil. Kerap kali kita dihadangkan pada berbagai kendala atau hambatan dari diri kita sendiri, seperti: Tidak ada ide, merasa tidak berbakat, sampai tidak suka menulis. Padahal dengan Motivasi dan Etos yang kuat dapat menjadi cara untuk membuat karya tulis yang bagus.
     Untuk memulai kenapa kita menulis, kita juga harus tau cara mengapa kita menulis? Kenapa harus mengapa terlebih dahulu?.... Jawabannya memiliki keterikatan dengan nilai, visi, dan motivasi kita dalam hidup untuk memiliki tujuan yang jelas. Banyak orang memiliki alasan mengapa mereka menulis seperti: hal yang duniawi (uang), biar lebih populer aja, atau karena masalah pribadi seperti cinta, untuk membujuk orang, atau agar bisa lebih tenang dalam hidup daripada berbuat jahat. Sesuai dengan sunnah nabi "Khoirunnas anfa'uhum linnas" atau kita harus menjadi lebih bermanfaat untuk orang lain, bukan untuk kepopuleran saja. Kita semua bersaudara
     Apa sih yang kita bisa lakukan untuk menjadi penulis yang sukses dari 0? sadar ga sih bahwa di dunia maya, ada lebih dari 129.846.880 judul dan itu pun yang ber-isbn saja.. belum jurnal, majalah, dll. Makanya kita harus membaca terlebih dahulu karena sudah banyak buku yang diterbitkan, masa tidak bisa sih. Setelah membaca banyak buku kita harus mendiskusi bersama teman agar dapat menjadi penulis hebat. Bila diperlukan, ada baiknya kita memiliki mentor penulis yang hebat. Kita harus "nge-live" dan masuk ke dunia real dan melihat apa yang sedang terjadi di dunia maya. TV, Radio, Internet, medsos, dll adalah salah satu cara membuat kita mendapat ide.
    Berapa luas pergaulan dan area sosialisasi kita dengan orang lain? Berapa banyak sih yang kita dapat dari pengetahuan atau latar belakang yang kita dapatkan dari apa yang mempengaruhi gaya penulisan kita. Kegiatan apa saja yang kita perlukan dalam menulis yang konkret, Menggali dan Menemukan gagasan/ide. Menentukan Tujuan bukan dari segmen penulis saja, tetapi dari segmen pembaca juga. Apa sih tujuan kita untuk membaca karya penulis. Nah, setelah menentukan Topik kita harus membuat Outline, Apa sih yang mau kita buat per bab dari buku yang akan kita buat. Setelah itu terjadi kita baru menentukan bahan materi untuk membuat baku dari Opini dan fakta yang dipercaya.
      Cara paling gampang untuk menjadi sukses adalh sifat (persistence) dalam menulis dan sifat untuk selalu merasa adanya tujuan dalm hidup. Seperti, Jika Tulisan yang kita buat dapat menjadi terkenal dan bermanfaat untuk orang lain dalam jangka panjang. Pikirlah, jika kita membuat buku kita ada amal shaleh di akhirat nanti.
     Editing, Revising, Publishing dalam karya tulisan kita agar siap untuk dipublikasi dalam publik. Perbaikan dalam kata yang lebih mudah dimengerti adalah cara untuk membuat pembaca ikut larut dalam buku kita. Selesai lah tujuan kita dalam menulis, Semakin banyak menulis juga membuat otak kita menjadi lebih baik dalam mengingat kosa kata baru. Terima Kasih

Komentar

Posting Komentar