Apakah itu PAS ?



EXAM









Memasuki bulan Desember, maka seluruh peserta didik dan sekolah memiliki agenda maha penting di akhir semester, yaitu, Ujian Akhir Semester. 

Guru-guru di sekolah telah sibuk jauh hari sebelumnya dengan kisi-kisi dan soal ulangannya. Sekolah, terutama sekolah swasta, bagian keuangannya akan sibuk juga dengan catatan keuang siswa, dan siswa sendiri tidak kalah sibuknya untuk mempersiakan diri agar siap dan sekaligus tangkas dalam menyelesaikan tugas akhirnya, berupa evaluasi akhir semester, yang hampir di semua sekolah masih berbasis pensil and paper test. Atau tes obyektif yang sangat TEGANG.

Ada lagi bagian yang juga tidak akan kalah sibuknya dan tidak kurang strenya, terutama di kota-kota yang sangat besar, yaitu para orang tua siswa-siswinya. Karena mereka justru yang memiliki fokus akan keberhasilan sebuah nilai akademik bagi putra-putrinya. Kontrol jadwal belajar yang relatif ketat, bahkan sebagian diantaranya dengan memberikan intensitas jam belajar yang lebih, baik sendirian atau dengan bantuan guru yang bersedia datang ke rumah

Apapun bagian dan bentuk ikhtiarnya, pendek kata, UAS menjadi trending topic di sekitar awal hingga pertengahan bulan Desember ini. Tidak lupa juga dengan kesibukan teman-teman saya yang menjadi guru atau wali kelas.

Karena ditangan mereka seluruh kinerja peserta didik akan terkumpul. Baik yang kurang sehingga harus mendapat perhatian yang lebih khusus, ataupun mereka yang berlebih karena potensi dan motivasi akademik yang bagus atau bahkan berlebih. Dan dalam situasi itulah maka teman-teman guru atau wali kelas itu menjadi lebih sering atau lebih sibuk ber-textingan dengan para peserta didiknya atau dengan para orangtua siswanya.

misalnya saja untuk kelengkapan tugas yang satu atau dua anak didiknya yang belum juga terkumpul di guru mata pelajaran tertentu. Atau bahkan nilai yang kurang untuk topik tertentu di mata pelajaran tertentu juga. Atau bahkan berkenaan dengan jadwal tes untuk esok hari. Semua  menjadi bagian dari tugas guru atau wali kelas itu. sekian tentang blog saya. 


Komentar

Posting Komentar